Ellie25’s Weblog

February 2, 2008

Banjir di Jakarta, Jumat 1 Februari 2008

Filed under: Keseharianku — by ellie25 @ 2:15 pm

Hujan deras sudah melanda ibukota Jakarta sejak malam tanggal 31 januari 2008. Ternyata hujan semalam sudah membuat air got di depan rumah meluap akibatnya masuk deh ke rumah. Paginya, pas mau berangkat kerja sudah disambut rintik-rintik hujan. Ternyata rintik-rintik itu berubah menjadi hujan yang sangat deras…..oh no….sampai di kantor pun hujan tak kunjung berhenti. Hujan….berhenti…hujan lagi…..Ternyata menurut perkembangan berita sudah terjadi banjir dimana-mana. Dan ternyata juga terjadi di rumahku. Air masuk lebih tinggi dari semalam. Dirumah mama dan papa gimana yaa….. Hujan deras yang mengakibatkan banjir seperti ini juga terjadi tahun lalu, persis sama di hari jumat, di awal februari. Bedanya tahun lalu banjir berlangsung selama 3 hari lamanya, listrik dimatikan oleh PLN mencegah terjadinya kecelakaan di saat banjir, di kala itu pula air tidak kunjung surut. Sungguh gue ga pengen itu terjadi lagi…Ya Allah tolonglah kami warga Jakarta. Banjir merata di seluruh wilayah Jakarta, di daerah-daerah yang biasanya tidak banjir hari Jumat itu semua di landa banjir. Termasuk di jalan besar seperti Sudirman dan Thamrin, bahkan di Thamrin air menggenang sampai setinggi dada orang dewasa. Bahkan orang nomor satu di Indonesia pun turut merasakan efek dari banjir yang terjadi. Beliau harus pindah mobil dikarenakan mobilnya mogok. Hehehe mungkin biar beliau merasakan apa yang dirasakan oleh rakyatnya.

Alhamdulillah malamnya banjir surut. Tapi menurut ramalan BMG hujan yang intense masih akan berlangsung selama satu minggu ke depan. Hmm berarti belum saatnya untuk bernafas lega. Warga Jakarta harus bersiap-siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Dari dulu Jakarta menghadapi masalah yang sama. Banjir. Banjir kali ini disinyalir bukan karena luapan air sungai, tapi melainkan sistem drainase di ibukota Jakarta yang tidak bagus. Hm…menurut gue sie semua ini ada ditangan penduduk Jakarta. Seberapa disiplin warganya dalam menjaga lingkungan. Walau sudah sering dilanda banjir berkali-kali akan tetapi sepertinya warga masih belum kapok untuk membuang sampah di kali/sungai. Kalau hal ini tidak segera teratasi ya jelaas saja Jakarta akan dilanda banjir terus menerus. Dan semua ini dilakukan oleh penduduk yang tinggal di pinggiran kali di ibukota Jakarta. Ayo dung warga Jakarta …. jaga kebersihan lingkungan kalian. Semua itu untuk diri kalian sendiri dan seluruh warga Jakarta. Apa sie susahnya buang sampah di tempat yang sudah disediakan? Kalo sudah banjir melanda kalian selalu menyalahkan pemerintah yang tidak tanggap dan sebagainya. Terus gimana dunk dengan diri kalian sendiri yang tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitar dengan membuang sampah seenaknya. Ayo dunk sadar diri. Please dehh….

January 27, 2008

Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Filed under: Keseharianku — by ellie25 @ 8:37 am
Tags:

Pendidikan merupakan hal terbesar yang selalu diutamakan oleh para orang tua. Saat ini masyarakat semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini. Untuk itu orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak. Sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap.

Ada banyak cara untuk memberikan pendidikan kepada anak baik formal maupun non formal. Adapun pendidikan formal tidak sebatas dengan memberikan pengetahuan dan keahlian kepada anak-anak mereka di sekolah. Selain itu pendidikan non formal menanamkan tata nilai yang serbaluhur atau ahlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi dengan bimbingan orang tua di rumah.

Sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan formal memerlukan banyak hal yang mendukung yaitu antara lain kepentingan dan kualitas yang baik dari kepala sekolah dan guru, peran aktif dinas pendidikan/pengawas sekolah, peran aktif orangtua dan peran aktif masyarakat sekitar sekolah. Akan tetapi orang tua juga tidak dapat menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada sekolah. Pendidikan anak dimulai dari pendidikan orang tua di rumah dan orang tua yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap masa depan anak-anak mereka, sekolah hanya merupakan lembaga yang membantu proses tersebut. Sehingga peran aktif dari orang tua sangat diperlukan bagi keberhasilan anak-anak di sekolah.

Ada beberapa cara dalam meningkatkan peran orang tua terhadap pendidikan anak-anak mereka. Pertama, dengan mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak. Anak-anak diajarkan untuk belajar secara rutin, tidak hanya belajar saat mendapat PR dari sekolah atau akan menghadapi ulangan. Setiap hari anak-anak diajarkan untuk mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru pada hari itu. Dan diberikan pengertian kapan anak-anak mempunyai waktu untuk bermain.

Kedua, memantau perkembangan perkembangan kemampuan akademik anak. Orang tua diminta untuk memeriksa nilai-nilaii ulangan dan tugas anak mereka.  

Ketiga, memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak-anak. Hal ini dapat dilakukan orang tua dengan berkomunikasi dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan anak di sekolah.

Keempat,  memantau efektifitas jam belajar di sekolah. Orang tua dapat menanyakan aktifitas yang dilakukan anak mereka selama berada di sekolah. Dan tugas-tugas apa saja yang diberikan oleh guru mereka. Kebanyakan siswa tingkat SMP dan SMA tidak melaporkan adanya kelas-kelas kosong dimana guru mereka berhalangan hadir.  Sehingga pembelajaran yang ideal di sekolah tidak terjadi dan menjadi tidak efektif.

Selain semua hal tersebut di atas ada beberapa hal lain perlu diperhatikan yaitu membantu anak mengenali dirinya (kekuatan dan kelemahannya), membantu anak mengembangkan potensi sesuai bakat dan minatnya, membantu meletakkan pondasi yang kokoh untuk keberhasilan hidup anak dan membantu anak merancang hidupnya.

Pada banyak kasus, orang tua sering memaksakan kehendak mereka terhadap anak-anak mereka tanpa mengindahkan pikiran dan suara hati anak. Orang tua merasa paling tahu apa yang terbaik untuk anak-anak mereka. Hal ini sering dilakukan oleh orang tua yang berusaha mewujudkan impian mereka, yang tidak dapat mereka raih saat mereka masih muda, melalui anak mereka. Kejadian seperti ini tidak seharusnya terjadi jika orang tua menyadari potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak mereka. Serta memberikan dukungan moril dan sarana untuk membantu anak mereka mengembangkan potensi dan bakat yang ada.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang tua dan harus dihindari dalam mendidik anak mereka, antara lain menumbuhkan rasa takut dan minder pada anak, mendidik anak menjadi sombong terhadap orang lain, membiasakan anak hidup berfoya-foya, selalu memenuhi permintaan anak, terutama ketika anak sedang  menangis, terlalu keras dan kaku dalam menghadapi anak, terlalu pelit terhadap anak (melebihi batas kewajaran),  tidak mengasihi dan menyayangi mereka sehingga mereka mencari kasih sayang diluar rumah, orang tua hanya memperhatikan kebutuhan jasmaninya saja, orang tua terlalu berprasangka baik kepada anak-anak mereka.

Untuk itu sudah menjadi kewajiban orang tua untuk juga belajar dan terus menerus mencari ilmu, terutama yang berkaitan dengan pendidikan anak.  Agar terhindar dari kesalahan dalam mendidik anak yang dapat berakibat buruk bagi masa depan anak-anak. Orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, melihat potensi dan bakat yang ada di diri anak-anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah. Para orang tua diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang luhur dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah.

Ahad, 27 Januari 2008

Filed under: Keseharianku — by ellie25 @ 8:10 am

Dari semalem gue berusaha cari bahan-bahan buat paper kuliah Business Communication. Berhubung koneksi internet jelek banget sampe tengah malem, maka gue memutuskan untuk lanjutin pagi ini. Ternyata koneksi internet tidak berbeda jauh dengan kondisi semalam. Huhuhu. Alhasil mencobalah gue untuk menulis dengan bahan-bahan yang sudah ada. Well, Im not a writer. But have to make a paper. Just learn how to write. Untuk itulah gue juga mau belajar nulis di media ini. Semua itu perlu proses, untuk itulah kita perlu belajar. Never stop learning for the rest of our lives.

Begitu kelar mengerjakan tugas paper, ada sebuah headline news di layar televisi, telah berpulang mantan presiden Soeharto pada pukul 13.10 WIB, 27 Januari 2008. Dan sampai saat ini semua stasiun televisi di Indonesia menyiarkan prosesi pemakaman mantan presiden Soeharto.  Dari lubuk hati yang paling dalam gue cuma bisa mendoakan arwah pak Harto di terima disisi Allah SWT sesuai dengan amal ibadahnya selama hidupnya.

Setelah 23 hari di rawat di RSPP, akhirnya beliau menyerah. Seiring dengan masuknya pak Harto di RSPP banyak masyarakat menuntut dituntaskannya kasus korupsi yang dituduhkan. Entahlah apa yang akan dilakukan selanjutnya setelah wafatnya beliau. Semoga mereka mau memaafkan semua kesalahan-kesalahan beliau sehinnga bisa dilapangkan jalannya. Amien.

 

Lately

Filed under: Keseharianku — by ellie25 @ 8:10 am

Hmmm…gue udah ampir dua minggu sakit batuk n pilek. Mengganggu banget emank sie. Tapi gue males banget yang namanya ke dokter….sempet takut juga sie kalo batuk gue ini punya efek laen. Seiring dengan sakitnya diriku ini…..aku juga jaga jarak dengan teman-teman…..ga enak juga nanti mereka ketularan….dan mereka pun melakukan hal yang sama. ini bisa gue mengerti sie. Untuk kebaikan kita semua. Tapi entah kenapa perasaan ini lebih sensitif….semua orang yang aku ajak pergi smuanya cancel…….hiks….emank sie itu bukan hak gue juga untuk melarang mereka ngebatalin….itu hak mereka…..tapi disini gue merasa jadi tersisih aja….felt very very very very lonely in this crazy world……Ya Allah….mohon dilapangkan isi hati hamba-Mu ini……beri kemudahan dalam menjalani segala cobaan yang Engkau berikan….berikan kekuatan…..berikan kesabaran yang lebih….jauhkan diri hamba-Mu ini dari pikiran-pikiran negatif…..tunjukkan hamba-Mu ini jalan yang lurus yang Engkau ridhoi…..

 

January 9, 2008

New Year 2008

Filed under: Keseharianku — by ellie25 @ 6:50 am

Its a new year of 2008…

Semoga akan lebih  banyak hal-hal menyenangkan di tahun ini. Bersamaan dengan mulainya awal tahun ini, kuliah MM-ku dimulai. Wahhh…ternyata pada masih muda-muda kalau diliat dari tampang-tampang mereka. Well, i just hope its not too late for me…Seperti kata pepatah, belajarlah sampai ke negeri Cina. Sebenarnya dalam keseharian kita, kita pastinya belajar sesuatu. Dengan kita sadari atau tanpa kita sadari. Belajar di sekolah, mungkin akan lebih terasa, karena kita harus membayar sejumlah uang, ada orang lain di samping kiri kanan kita. Yang jelas tujuan akhir biasanya adalah Gelar. Anehnya kenapa kemampuan seseorang harus diukur dengan gelar atau angka-angka. Karena pada kenyataannya seseorang yang begitu ‘smart’ di dunia pendidikan belum tentu bisa bekerja dengan baik di dunia kerja. Tapi itulah sistem yang sudah membudaya di dunia ini. Yang mau tak mau harus kita ikuti. Sejujurnya aku pun demikian, untuk menambah deretan nama sekolah di CV lamaran kerja. Yang semoga bisa membuat nilai diri kita mempunyai nilai lebih dibanding dengan pelamar-pelamar lainnya. Jadi lucu ya motivasi untuk kuliah lagi. Insya Allah bisa kujalani semua ini dengan tenang…..dan penuh dengan keceriaan. Yang jelas aku juga senang bisa menambah teman dan wawasan. Amin…..

Create a free website or blog at WordPress.com.